SEBELUM BOBO

10:26 AM Rima Ramadhania 0 Comments

dear diary,
hari ini adalah hari terakhir wawancara seleksi asisten mata kuliah genetika, tadi gue wawancara sama bu Netty. setelah lama nunggu beliau sampai berjam-jam, tepatnya gue nunggu dari jam 10 pagi padahal kenyataan wawancaranya itu jam 3 sore -_-. selama waktu nunggu itu gue fgd sama temen-temen ditaman tengah Fabio tentang  nsoed kedepannya, menimbang banyak hal yang kurang diapresiasi kampus kita termasuk didalamnya untuk anak-anak berprestasi. jadi ceritanya kasus yang kita bahas adalah kaka kelas kita yang menang ASEAN LEADERS CAMP di Thailand 2014 harus ngurungin niatannya bertandang ke negara yang penuh artis ganteng sama cantiknya itu serta terkenal pula gajah-gajahnya :-p usut punya usut hanya karena masalah biaya :( sedih banget gak sih, kalau kita punya mimpi dan udah ngeraihnya, tapi harus ditunda karena masalah kampus gak bisa memfasilitasi secara full personal ke negara orang.
terus kita langsung emosi tapi bukan bacok-bacokan ya, melainkan gemes segemes gemesnya orang gemes!! :D gemes aja sama para petinggi yang cuek bebek, padahal ini bukan sembarang acara ini acara bergengsi dan harus diperjuangkan karena merupakan step supaya unsoed itu dikenal masyarakat global, masyarakat asean! apa yang ada di pikiran mereka sih, makanya kalau dikaitin sama visi unsoed yang world class civic gue rasa yang di dominasi adalah nilai CIVIC-nya!
disaat universitas lain berlomba-lomba diranah nasional menangin berbagai macam lomba, bahkan UI udah gak level lomba nasional mereka udah berfikir untuk bersaing secara internasional, sementara unsoed delegasiin para mahasiswanya aja payah. ngasih duit yang pas-pasan bahkan gak relevan banget. pernah denger kasus yang sama, jadi ada temen gue yang delegasi menang suatu perlombaan terus harus ke thailand. mereka 1 team ada dua orang terus pas pengajuan dana, uang yang cair hanya cukup untuk menerbangkan salah-satu dari mereka saja. kampus kita terlalu irit ngeluarin dana untuk mahasiswa bisa mencetak banyak prestasi di luar.
kalau di pikirkan seandainya kita menang, bawa piala dan segala macam, nama unsoed pun secara eksplisit akan ikut terbawa sehingga orang gak asing lagi dengan nama "unsoed". pernah gue ditanya tetangga begini,
T:  kamu kuliah dimana rim? 
R: diunsoed bu, jawab gue. 
T: oh di semarang itu ya?
R:  -___- itu undip bu.. 
T: oh salah dong ibu, kirain yang disemarang itu hehehe. itu swasta apa negeri rim?
R: negri bu.
T: ooooooooohhhhhh....
ya Allohhhhhhhh -_______- sedih betul nasib awak. nah dengan banyaknya pasrtisipasi mahasiswa untuk ikut lomba semakin banyak nama unsoed terdengung ditelinga orang-orang, bahkan mungkin nantinya gak ada lagi tuh pertanyaan serupa yang gue dengar atau mungkin kalian yang sesama anak unsoed dengar. lebih enak kan pas ditanya orang jawabannya; unsoed itu yang keren! yang ngembangin banyak sumberdaya indigenous setempat, yang mahasiswanya sering menangin lomba ini itu... kan lebih enak didengernya, uh sedaaaappp....! seharusnya aspresiasi itu penting, sekecil apapun bentuknya impactnya luar biasa secara psikologis. gue sih berharap unsoed bisa lebih baik lagi dalam segi sistem, maupun pengembangan sumberdaya mahasiswanya. setelah fgd itu kita menarik kesimpulan bahwa, karena nama lembaga kita kurang menjual dipasaran nah bagaimna sekarang caranya kita supaya bisa survise di luar sana. itu semua tergantung skill kita masing-masing. makanya dari sekarang harus sudah dipersiapkan.
pas sorenya gue nunggu bu Netty selesai rapat, gue nunggu diluar ruangan dosen eh ketemu dosen Biodas 2 namanya pak Uky, pas awalnya cuma saling sapa terus diawali dengan pertanyaan ada keperluan apa nungguin bu Netty dikantor, eh ternyata itu merupakan awal diskusi panjang kita. ternyata pak uky seseorang yang open minded, senang baca buku filsafat dan banyak banget pengalaman beliau mulai dari dalam negeri sampai interaksi dengan society luar negeri. emang beda ya pemikiran orang yang udah pernah go internasional mah. kita diskusi banyak tentang buku, tentang nilai-nilai, sejarah, filsafat, passion hidup, integritas, pemerintahan dan science tentunya. ternyata beliau lagi menunggu mahasiswa yang kontra dengan materi yang dia jabarkan pas dikelas lho, dia menunggu orang yang mengkritisi hal itu dibarengi dengan alasan-alasan yang bisa diterima logic tentunya. pas dari obrolan panjang tersebut, dia bilang kalo gue ini beda dari kebanyakan mahasiswa biologi yang pernah dia temui, beliau meminta nama lengkap dan nomer hp untuk bisa dihubungi terkait bedah buku tadi sambil bertukar pikiran, terus gue juga disuruh main kerumahnya untuk ngobrol ringan saling bertukar pikiran, beliau juga pengen minjem buku apa aja yang sudah pernah gue baca dan memang rekomendasi bagus untuk dibaca karena substansinya. dia juga minta gue untuk hadir di kelas grup diskusinya dia  di hari senin depan, oh my god. What a big day! alhamdulillah.
sekian hasil kegiatan hari ini dan terima kasih. Good night peps :)

PS: doain gue ya lulus asisten laboratorium genetika 2014, aamiin.

You Might Also Like

0 komentar: